Toyota Voxy

Kamis, 06 Juli 2017

Home » » Toyota Mirai: Green Car Bertorsi

Toyota Mirai: Green Car Bertorsi

Diposting oleh Kevin Larmahtaan
0

Toyota Mirai: Green Car Bertorsi 

Toyota Pekanbaru,- Toyota Mirai adalah salah salah satu mobil hidrogen yang dijual di dunia. Produk ini berbasis mobil konsep Toyota FCV. Meskipun tidak akan dijual di Indonesia, namun puncak pencapaian teknologi hidrogen Toyota di dunia otomotif ini sangat menggoda untuk diuji. Apalagi, kami diundang khusus oleh PT Toyota Astra Motor, agen pemegang merek Toyota di Indonesia, guna mencicipinya di Sirkuit Fuji Speedway, Jepang.
Saat berhadapan dengan Toyota Mirai, desainnya terlihat tidak seperti mobil lainnya. Saya tidak ingin memakai istilah futuristik, karena belum ada konsensus di antara para desainer tentang desain mobil masa depan. Saya lebih memilih sebutan tidak biasa. Lihatlah fotonya di halaman majalah ini. Meskipun memiliki bentuk sedan, namun tidak seperti sedan kebanyakan. Kap mobilnya landai hingga kaca depan. Lampu depannya kecil, namun bumpernya begitu besar lengkap dengan kisi-kisi yang berguna mengalirkan udara bagi motor listrik.
Jika dilihat dari samping mobil ini punya lekukan dari bawah pilar A, lalu membesar di atas fender belakang ke arah lampu belakang. Garis ini tidak biasa, namun bertujuan memaksimalkan aliran udara, sehingga hambatan angin dapat ditekan seminim mungkin. Memaksimalkannya bagian bawah Mirai dibuat rata.
Toyota Mirai berbagi platform baja berkekuatan tinggi yang sama dengan Toyota Prius, suspensi MacPherson strut di depan, serta suspensi belakang double wishbone. Panjang Mirai mencapai 4.890 mm, lebarnya 1.815 mm dan tinggi 1.535 mm. Sumbu rodanya 2.780 mm.
Toyota Mirai menggunakan motor listik tunggal bertenaga maksimal 152 hp dengan torsi maksimal 334 Nm. Motor listrik ini sama persis dengan milik Lexus 450h dan diletakkan melintang di dalam ruang mesin bersanding dengan power control electronic yang mengge­rakkan roda melalui girboks berasio tetap.
Fuel cell-nya menggunakan kombinasi oksigen yang ditangkap dari udara dan hidrogen untuk menciptakan listrik untuk menjalankan motor listrik diletakkan di bawah jok depan. Dibuat sendiri oleh Toyota, fuel cell ini menghasilkan 2.0kW/kg. Angka ini 50% lebih baik dari pendahulunya yang dirilis 2008 silam (fuel cell).
Beralih ke interior. Sama seperti eksterior, interior Mirai tak terlihat biasa. Citra two tone (hitam putih) tampak dominan. Ada tiga layar TFT di dashboard (di bawah kaca depan). Ini berfungsi menampilkan kecepatan dan menunjukkan aliran energi. Satu layar lagi di konsol tengah untuk infotainment dan navigasi. Layar ketiga di dekat tuas transmisi (fungsi climate control). Material dalam kabin Mirai sama dengan milik Prius.
Ada dua mode berkendara bisa Anda pilih. Pertama adalah Eco, dan kedua Power. Karena hanya diberi kesempatan singkat untuk menguji Mirai. Meski dianjurkan memilih mode Eco, saya justru memilih Power, dan memindahkan tuas transmisi ke posisi D.
Mobil ini memiliki bobot 1.850 kg. Berbobot di atas satu ton tidak membuatnya lambat. Mengapa? Jawabannya ada pada torsi besarnya (334 Nm). Sama seperti mobil listrik, torsi besar itu tersedia sejak 0 rpm. Jadi begitu saya menekan dalam pedal akse­leratornya, pada saat itu pula torsi 334 Nm mengalir melalui transmisi rasio tunggal miliknya ke roda depan. 0-100 kpj diraih dalam 9,6 detik. Kecepatan maksimalnya 177 kpj.
Menariknya, mobil ini tak hanya halus, namun lincah. Pengendaraannya lebih enak dari Toyota Prius. Pun dengan peredaman suspensinya. Bahkan ketika melewati rintangan deretan karet keras yang ditebar oleh Toyota untuk membuktikan kemampuan peredaman suspensi Mirai dan kekedapan kabinnya. Saat dihadapkan dengan rintangan slalom, hasilnya juga sangat baik. Bagai berdansa, Mirai melewati kun dengan elegan, dan tanpa suara.
Sayang, mobil ini tidak fun untuk dikendarai. Mungkin tujuannya bukan itu, namun harapan kami, setidaknya respon kemudi bisa diperbaiki sehingga prosesi mengemudi menjadi lebih menyenangkan. Selain itu, infrastruktur hidrogen juga harus dibangun di seluruh dunia. Tujuannya agar lebih banyak lagi tempat bagi mobil-mobil ramah lingkungan di seluruh dunia. Info Promo Juli>>

Kevin Simorangkir
Phone: 0812 777 32236
WA    : 0811 757 206
BB     : 519295DD
Harga dan Kredit Toyota Dumai Terbaru, Harga dan kredit Toyota Duri Terbaru, Harga dan Kredit Toyota Ujung Batu Terbaru, Harga dan kredit Toyota Bangkinang Terbaru, Harga dan Kredit Toyota Kerinci Terbaru, Harga dan Kredit Toyota Taluk Kuantan Terbaru, Harga dan kredit Toyota Bagan Batu Terbaru, Harga dan Kredit Toyota Bengkalis Terbaru, Harga dan Kredit Toyota Siak Terbaru, Harga dan Kredit Toyota indragiri Hulu Terbaru, Harga dan Kredit Toyota Indragiri Hilir terbaru, harga dan Kredit Toyota Rokan Hilir Terbaru, Harga dan Kredit Toyota Rokan Hulu Terbaru, Harga dan Kredit Toyota Kampar Terbaru, Harga dan Kredit Toyota Pelalawan terbaru





0 komentar:

Posting Komentar

SALES TOYOTA RIAU

HITUNG KREDIT TOYOTA

New Fortuner

Popular Posts

 

Followers

Marketing Partner

Flickr Images

Copyright © 2014. Toyota Pekanbaru - All Rights Reserved
Created By Celibu.com | Design By Tyo_Muhamedi