Toyota Voxy

Kamis, 06 Juli 2017

Home » » Toyota All-new Kijang Innova Tipe Q AT Diesel

Toyota All-new Kijang Innova Tipe Q AT Diesel

Diposting oleh Kevin Larmahtaan
0

Toyota All-new Kijang Innova Tipe Q AT Diesel

Toyota Pekanbaru,- Kehadiran generasi terbaru mobil keluarga legendaris Tanah Air, Toyota Kijang memang sudah ditunggu sejak lama. Jika dihitung sejak empat dekade silam, sudah enam generasi Kijang yang hadir di Indonesia. Namun baru sejak 2004, generasi baru Toyota Kijang Innova lahir. Bertahan hingga 2015, di akhir tahun lalu PT Toyota Astra Motor (TAM), memperkenalkan debut dunia All-new Toyota Kijang Innova generasi kedua di Indonesia.
Perubahan model generasi kedua Kijang Innova dapat dibilang signifikan. All new Kijang Innova kini memiliki panjang 4.735 mm, lebar 1.830 mm dan tinggi 1.795 mm. Ini artinya lebih panjang 180 mm, lebih lebar 60 mm dan lebih tinggi 45 mm dari model sebelumnya. Namun sumbu rodanya tetap sama, yakni 2.750 mm.
Kali ini kami akan mengulas All new Kijang Innova Q AT bermesin diesel. All-new Kijang Innova Q bermesin diesel merupakan varian paling mewah dengan tawaran fitur paling lengkap dari seluruh jajaran Kijang Innova terbaru. Bahkan dibandingkan dengan varian Kijang Innova Q bermesin bensin sekalipun, fitur yang ditawarkannya lebih lengkap.

Di bagian luar, wajah ‘Keen Look’ khas Toyota tampak dominan. Grille hexagonal serupa dengan milik Toyota Corolla maupun Camry, dengan lampu baru yang tampil agresif. Sementara di buritan lampu belakangnya pun diklaim agar lebih emosional. Entah apa maksudnya, bagi kami terlihat biasa saja. 
Kijang Innova Q memiliki lampu utama model projector dengan teknologi LED. Yang membedakan antara varian Q diesel dengan bensin adalah penggunaan velg alloy berukuran 17 inci pada varian bermesin diesel. Sementara pada Kijang Innova Q bensin berukuran 16 inci. Desain velg-nya pun berbeda.
Perubahan paling istimewa terdapat pada kabinnya. Kijang Innova mengusung kabin yang mewah untuk sebuah Kijang. Dibandingkan generasi sebelumnya, kami mengakui jika ini adalah sebuah loncatan bagi Kijang. Panel kayu yang dikombinasikan dengan sentuhan plastik berwarna aluminium memberi kesan mewah. Lengkungan pada dashboard-nya juga memberikan kesan modern.

Panel instrumen dan head unit sistem hiburan menyuguhkan tampilan yang sangat modern. Apalagi layar MID di tengah panel instrumen telah menggunakan layar TFT. Head unit dengan layar sentuh 8 inci telah memiliki fitur yang berlimpah. Sebut saja kemampuan mirroring dengan gadget, air gesture, voice command, sistem koneksi USB, Bluetooth dan port HDMI. Pada varian Q, Kijang Innova juga telah menggunakan Smart Entry Key, yang memungkinkan Sang Pemilik cukup mengantongi kunci untuk membuka pintu dan menyalakan mesin via tombol Start-Stop.

Dari balik kap mesinnya, Kijang Innova Q yang kami coba mengusung mesin diesel baru 2GD FTV, 4-silinder 2,4 liter dengan turbocharger bertenologi VNT (Variable Nozzle Turbo) dan intercooler. Mesin ini menggantikan mesin 2KD-FTV 2.5 liter yang diusung Kijang Innova generasi sebe­lumnya dan menjanjikan tenaga lebih besar sekaligus efisiensi bahan bakar lebih baik.
Dari data teknis yang kami miliki, mesin ini dapat menghasilkan tenaga puncak hingga 147 hp pada 3.400 rpm dan torsi puncak 342 Nm mulai 1.200 hingga 2.800 rpm. Tak heran saat kami coba beraksele­rasi, mobil ini memberikan respon yang sangat agresif. Apalagi mesin baru ini juga dipasangkan dengan transmisi otomatis baru, 6-percepatan dengan mode perpindahan sekuensial.
Yang lebih impresif adalah tersedianya Drive Mode yang kini tersemat pada semua varian Kijang Innova. Ada tiga pilihan mode pengendaraan yang tersedia yaitu Eco, Normal dan Power. Menurut Iwan Abdurahman dari Technical Service Division PT TAM, mode pengendaraan ini menghadirkan perubahan setting ECU untuk respon gas dan perpindahan gear pada Kijang Innova bertransmisi otomatis.
Hal paling dapat dirasakan adalah ketika berakselerasi. Perbedaan antara mode pengendaraan Eco dan Power begitu terasa signifikan. Saat mode Eco, putaran mesin terasa tertahan dan gear berpindah pada putaran mesin lebih rendah. Sementara di mode Power, perpindahan gear terjadi di putaran mesin lebih tinggi dibandingkan pada mode Normal. Hal ini menjadikan pengendaraan Kijang Innova semakin menyenangkan, terutama saat berkendara keluar kota.

Saat menghadapi tanjakan panjang di Tol Cipularang menuju Bandung, transmisi otomatis dengan mode perpindahan sekuensial membuat pemilihan gear lebih cepat. Cukup menjaga putaran mesin tetap berada di kisaran 1.200 hingga 2.800 rpm menyuguhkan torsi maksimal untuk melesat saat menyusul kenda­raan di tanjakan. Kelebihan lain pada varian Q bermesin diesel ini adalah telah tersematnya Vehicle Stability Control (VSC) yang menjamin pengendalian lebih baik saat menikung.
Namun, hal paling mengesankan dari Kijang Innova Q diesel ini adalah konsumsi bahan bakar yang diraihnya. Saat kami coba di dalam kota Jakarta, kami berhasil meraih konsumsi bahan bakar 12,8 kpl dengan kecepatan rata-rata 22 kpj. Saat kami uji dalam perjalanan ke luar kota, dengan kecepatan rata-rata 62 kpj, konsumsi bahan bakar yang diraih mencapai 16,6 kpl. Sangat mengesankan.
Tak hanya kesenangan berkendara, kenyamanan Kijang Innova juga meningkat diban­ding generasi sebelumnya. Di balik kemudi, posisi mengemudi ideal dapat dengan mudah didapat berkat pengaturan kursi elektrik yang leluasa. Pandangan mengemudi ke depan dan samping juga lapang, meski pilar-A tetap terasa terlalu besar. Pandangan ke belakang terhalang oleh head rest tempat duduk tengah baris ketiga yang besar, yang pada akhirnya lebih baik dilepas saja.

Busa kursi yang tebal juga menyumbang kenyamanan Kijang Innova baru ini. Bentuk kursi dengan penahan samping yang lebih menonjol juga memberi dukungan saat bermanuver. Pada varian Q dengan model captain seat di baris kedua, kursinya juga memberikan kenyamanan yang optimal. Hadirnya picnic tray atau meja kecil di balik bangku depan menjadikan duduk di bangku kedua terasa sangat akomodatif.
Soal kenyamanan ini juga hadir dari kekedapan kabin yang semakin baik. Pihak Toyota mengklaim adanya penambahan peredam kabin di bagian lantai, panel dashboard dan frame sekitar pintu. Selain itu di dalam fender juga terdapat penutup yang dapat meredam suara mesin yang masuk ke dalam kabin. Meski begitu, pada varian bermesin diesel, suara khas mesin diesel terdengar keras hingga ke dalam kabin.
Di bagian suspensi, redesain per dan peredam kejut untuk mengkompensasi penambahan bobot mobil hingga 200 kg juga turut mendukung kenyamanan yang diberikan. Saat mengha­dapi lubang kecil atau pita kecepatan (speed trap) di jalan tol, redamannya tidak terasa tajam.
Di kecepatan tinggi bobot kemudi terasa pas, mantap karena tidak terlalu ringan. Namun saat kecepatan rendah, putaran kemudinya terasa berat. Kekurangan lain yang dirasakan adalah saat duduk di bangku baris ketiga ada kesan tengge­­­lam. Hal ini dirasakan akibat posisi duduk yang rendah, ukuran headrest baris kedua yang besar, ditambah desain pilar paling belakang yang masif.

Sebagai mobil keluarga, faktor kepraktisan juga menjadi salah satu poin utama keunggulan Kijang Innova. Selain kabin yang kini lebih lapang, ruang penyimpanan yang berlimpah juga ditawarkan pada mobil ini.
Akses menuju bangku ketiga mudah hanya dengan satu tuas. Bangku paling belakang kini tidak seberat kursi di Kijang Innova lama, sehingga memudahkan untuk mengangkat dan ‘menggantungkannya’ di kedua sisi kabin. Pada Kijang Innova Q, bangku baris kedua model captain seat menghasilkan gang yang menjadi akses anak-anak menuju bangku baris ketiga.
Kelebihan lain yang dimiliki oleh varian Q ini adalah soal fitur keselamatan yang lebih lengkap dibandingkan varian lainnya. Selain kehadiran rem dengan ABS dan EBD di semua varian, pada varian Q bermesin diesel juga telajh dilengkapi dengan VSC serta Hill Assist Control (HAC). Yang terlengkap, varian ini juga mendapatkan empat set airbags, yaitu dual SRS airbags dan knee airbags serta curtain shield airbags dan side airbags.
Dengan banderol harga Rp 423,8 juta, Kijang Innova Q AT bermesin diesel mencetak rekor sebagai generasi Kijang termahal saat ini. Dibandingkan varian termahal di generasi sebelumnya, yaitu V AT bermesin diesel, harganya melonjak hingga Rp 79,7 juta. Dengan lonjakan fitur dan penyempurnaan yang signifikan, angka ini dapat dibilang wajar. Sayangnya di kisaran harga serupa, Kijang Innova harus menghadapi lawan sepadan dari kelas MPV medium dan SUV medium. Info Promo Juli>>

Kevin Simorangkir
Phone: 0812 777 32236
WA    : 0811 757 206
BB     : 519295DD
Harga dan Kredit Toyota Dumai Terbaru, Harga dan kredit Toyota Duri Terbaru, Harga dan Kredit Toyota Ujung Batu Terbaru, Harga dan kredit Toyota Bangkinang Terbaru, Harga dan Kredit Toyota Kerinci Terbaru, Harga dan Kredit Toyota Taluk Kuantan Terbaru, Harga dan kredit Toyota Bagan Batu Terbaru, Harga dan Kredit Toyota Bengkalis Terbaru, Harga dan Kredit Toyota Siak Terbaru, Harga dan Kredit Toyota indragiri Hulu Terbaru, Harga dan Kredit Toyota Indragiri Hilir terbaru, harga dan Kredit Toyota Rokan Hilir Terbaru, Harga dan Kredit Toyota Rokan Hulu Terbaru, Harga dan Kredit Toyota Kampar Terbaru, Harga dan Kredit Toyota Pelalawan terbaru




0 komentar:

Posting Komentar

SALES TOYOTA RIAU

HITUNG KREDIT TOYOTA

New Fortuner

Popular Posts

 

Followers

Marketing Partner

Flickr Images

Copyright © 2014. Toyota Pekanbaru - All Rights Reserved
Created By Celibu.com | Design By Tyo_Muhamedi